affiliate marketing

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Google Translate Modified by Reshaaz.Afif.ElAzizy
Home » , » Sinopsis Memperpintar Windows XP

Sinopsis Memperpintar Windows XP

Judul : Memperpintar Windows XP
Pengarang : Nauwaf Fuhaid
Penerbit : Kawan Pustaka
Kota Terbit : Jakarta
Tahun : 2009
Jumlah Hal. : viii + 96

Microsoft adalah salah satu raksasa pembuat perangkat lunak (software) di dunia. Sistem operasi yang dibuatnya menjadi andalan bagi hampir seluruh masyarakat pengguna komputer di dunia. Sistem operasi yang terkenal ini adalah Microsoft Windows yang mulai dikenalkan pada tahu 1985 dan hingga kini sistem operasi tersebut menjadi sistem operasi favorit masyarakat pengguna komputer di samping sistem operasi lain.

Sistem operasi Windows dimulai dengan diluncurkannya Windows 1.0 tahun 1985, berlanjut dengan Windows 2.0 tahun 1987, Windows 3.x tahun 1990, Windows 3.xx tahun 1992, Windows 95 tahun 1995, Windows 98 dan 98 SE tahun 1998, Windows Millenium Edition tahun 2000, Windows XP tahun 2001, Windows Vista tahun 2007 dan yang terakhir Windows 7 pada tahun 2010. Sampai buku ini disusun, Windows XP masih merupakan sistem operasi terfavorit di Indonesia walaupun sudah ada Windows Vista yang dirilis tahu 2007 silam.

Berbagai macam program yag dapat kita gunakan dalam Windows XP yaitu Digital Fotografi, Games, Membuat Film, Musik dan Video, TV dan Multimedia, Instant Messanging, Keamanan dan Privasi, Pengaturan dan Pemeliharaan Komputer, Home and Small Office Networking dan Tip berinternet.


Untuk dapat menggunakan Windows Xp secara optimal, rekomendasi spesifikasi hardware adalah komputer Intel Pentium III atau kelas sejenisnya, Processor 300 MHz atau lebih, memori 128 Mb, HDD dengan ruang kosong sebesar 1,5 Gb. Untuk instalasi, atur BIOS dengan cara menekan tombol delete berkali-kali dan di BIOS tersebut atur atur booting dari CD ROM Drives. Saat Instalasi kita diwajibkan untuk memasukkan product key. Selain itu kita juga diminta untuk mengisi dan mengatur jam, hari, tanggal, time zone, nama dan organisasi. Setelah Instalasi selesai, Komputer kita akan merestart sendiri. Setelah itu kita diminta untuk mendaftarkan produk yang kita gunakan dan juga mengisi layar konfirmasi.

Setelah Instalasi selesai, ada baiknya kita melihat isi dari sistem operasi tersebut. Sistem operasi Windows selalu memiliki control panel yang berisikan segala macam jenis pengaturan terhadap Windows XP.Anda bisa mengatur tampilan, fungsi-fungsi dan layanan, sistem jaringan, serta akun dari pengguna komputer. Selain itu, kita juga dapat menginstall hardware dan software, mengatur waktu, mengatur internet, mengatur taskbar, mengatur start menu dan user account.

Selain pengaturan terhadap Windows XP, ada juga cara untuk meningkatkan performa Windows XP sehingga komputer tidak lemot dan pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih cepat selesai ketika menggunakan komputer. Cara-cara mempercepat kinerja komputer tersebut antara lain :

1. Membersihkan file dengan mengguakan fasilitas Disk CleanupFasilitas itu, berfungsi untuk menambah ruang kosong pada Hard Disk dan menghapus file yang tidak berguna.
2. Mengubah Animasi dan efek visual. Cara ini menjadikan tampilan Windows XP menjadi sedikit berbau klasik, meniru tampilan Windows generasi sebelumnya. Namun, performa komputer menjadi lebih baik.
3. Konfigurasi Startup. Dengan melakukan konfigurasi pada proses Startup, diharapkan memori tidak akan terbebani sehingga proses loading windows XP menjadi lebih cepat.

4. Mematikan Indexing Service bertujuan mempercepat proses pencarian file. Namun, layanan ini akan membebani komputer sehingga performanya menurun.

5. Membersihkan Prefetch System akan membuat file baru untuk mendukung kecepatan dalam pemanggilan sebuah program. File ini akan tersimpana dalam folder Prefetch. Alangkah baiknya jika file tersebut juga dibuang agar memori komputer tidak berisi file-file yang tidak berguna.

Selain cara-cara tersebut, ada cara-cara lain untuk meningkatkan kinerja komputer yaitu dengan meminimalisasi system restore, mematikan beberapa service Widows XP yang tidak digunakan, mengubah display properties, mematikan fitur disk performance dan defragmentasi.

Tampilan windows XP juga dapat diubah menjadi tampilan Windows Vista, Mac OSX, Flyakite OSX, Fedora atau Ubuntu. Untuk itu ddiperlukan software tambahan yang biasa disebut sebagai Transformation Pack. Software Pack akan mengubah total tampilan windows XP yang anda gunakan. Transformation Pack tersebut ada yang gratis (freeware) antara lain VistaMizer, Universal Vista Inspirat Brico Ultimate, Flyakite OSX, Fedora Transformation Pack 1.0, dan UX Theme Patcher.
Ada beberapa tips dan trik seputar windows XP, antara lain :

1. Melindungi sistem dari virus, antara lain dengan cara meginstall antivirus yang dapat dipercaya dan selalu mengupdate, scan file sebelum didownload atau dibuka, jangan menginstall software bajakan dan mendownload file musik atau video bajakan karena biasanya berisi virus.
2. Membackup data dengan bantuan software freeware untuk mencegah semua data hilang karena terserang virus dsb.
3. Menyelamatkan data yang telah erhapus karena virus, partisi hilang sampai sebuah media atau Hard Disk yang partisinya telah terhapus dapat dicari kembali. Hal tersebut bisa dengan bantuan software antara lain Ontrack EasyRecovery Professional, GetDataBack Recovery, Acronis Recovery Expertt, FinalData Enterprise, dan Undelete. Untuk cara penggunaan program tersebut, bisa dibuka di menu helpnya.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Al-Hadist

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Mengcopy, Asalkan tinggalkan komentar dan jangan lupa beri link sumbernya. Hargai saya dan teman teman saya yang telah susah payah membuat postingan ini :D

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Smansa-x7 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger