affiliate marketing

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Google Translate Modified by Reshaaz.Afif.ElAzizy
Home » , , » Sinopsis Membuat Kerajinan dari Bambu

Sinopsis Membuat Kerajinan dari Bambu


Judul                     : Membuat Kerajinan dari Bambu
Penulis                 : Soedjono, B.Sc.
Tebal buku          : 64 halaman
Penerbit              : Titian Ilmu Bandung
Tahun                   : 1994


Bambu merupakan tumbuhan berumpun . Tumbuhan ini  banyak terdapat di daerah rendah dan di dataran tinggi . Batang bambu terdiri dari serat lurus memanjang yang membentuk batang dan beruas-ruas serta bagian tengahnya berlubang .

Bambu dapat digolongkan sebagai bahan pokok untuk kerajinan  . Jenis bambu yang digunakan sebagai bahan industry dibedakan karena adanya pengaruh perbedaan iklim dan mutu bamboo itu sendiri . Berikut jenis-jenis bambu :

a.       Bambu  hitam atau wulung
Banyak terdapat di Pulau Jawa . Bambu jenis ini sering digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat kerajinan karena bagian kulit yang baik untuk ukiran . Sifat bambu ini bila dalam keadaan basah , kulitnya tidak begitu keras . Namun , bila dalam keadaan kering , bambu ini sangat keras dan berwarna hitam kecoklat-coklatan .

b.      Bambu tali atau apus
Bambu ini umumnya ditanam oleg rakyat . Kegunaannya sangat banyak dalam urusan kerajinan dan rumah tangga karena memiliki tingkat keawetan , kelenturan dan kekuatan yang tinggi . Bila dalm keadaan basah , bambu ini warnanya hijau dan tidak keras . Kalau sudah kering warnanya menjadi putih kekuning-kuningan .

c.       Bambu Betung
Bambu ini mempunyai ukuran yang besar di Indonesia . Tetapi , penanaman bambu betung memang sukar , sebab memerlukan tempat yamg samgat subur dan pemeliharaan yang cukup sulit . Bambu ini memiliki kulit berwarna coklat mdau , berbuku tebal dan sedikit keras .

d.      Bambu tutul
Disebut demikian karena pada kulitnya terdapat tutul-tutl hitam , coklat tua dan warna dasarnya kuning . Bambu ini baik untuk hiasan-hiasan pada ruangan dan perabot rumah tangga . Sifat bambu tutul keras dan bagia dindingnya terbatas .

e.      Bambu Gading
Hampir sama dengan bambu tutul , tetapi sedikit perbedaan pada warna kulit . Pada bambu gading tidak terdapat tutul-tutul dan kulitnya lebih kuning mengkilat . Sifat bambu ini keras dan dindingnya tipis .
Untuk mengolah bambu menjadi jenis kerajinan , diperlukan syarat-syarat sebagai berikut :

1.       Bambu harus tua benar .
2.       Berbagai jenis bambu dapat digunakan .
3.       Bambu harus bersih .
4.       Bambu harus benar-benar kering .

Ada cara khusus untuk membersihkan bambu , cara-cara tersebut adalah :
a.       Potong-potong bambu untuk mempermudah membersihkannya .
b.      Untuk bambu yang kasar , sebelumnya gosok-gosok permukaan itu debgan dedak yang tealh direndam dengan air biasa . Gosoklah dengan kain agar tidak merusak telapak tangan .
c.       Jemurlah hungga kering . Ada dua cara untuk membersihkan bambu :
1.       Bambu yang masih utuh dibelah atau dipotong-potong. Kemuudian banbu itu dikringkan dengan cara disandarkan di tempat teduh selama tiga sampai empat bulan .
2.       Bambu yang sudah dibelah atau dipotong-potong dapat dikeringkan dengan  cara diikat dahulu . Kemudian digantung atau ditegakkan di tempat yang teduh dalam jangka waktu satu minggu .

Sebelum membuat sesuatu dari bambu , harus direncanakan dan dipersiapkan terlebih dahulu hal-hal berikut :
1.       Barang kerajinan apa yang akan dibuat .
2.       Berapa besar ukurannya .
3.       Bahan-bahan yang diperlukan .
4.       Gambar-gambar motif yang akan diukir .

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Al-Hadist

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Mengcopy, Asalkan tinggalkan komentar dan jangan lupa beri link sumbernya. Hargai saya dan teman teman saya yang telah susah payah membuat postingan ini :D

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Smansa-x7 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger