affiliate marketing

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Google Translate Modified by Reshaaz.Afif.ElAzizy
Home » , , , » Sinopsis Salah Asuhan

Sinopsis Salah Asuhan


1.      Judul                    : Salah Asuhan
2.      Penulis                  : Abdoel Moeis
3.      Penerbit                : Balai Pustaka
4.      Tahun Terbit         : 2004 (cetakan ke tiga puluh tiga)
5.       Tempat Terbit       : Jakarta

Salah Asuhan

Corrie de Bussee, gadis Indo-Belanda yang cantik, lincah dan menjadi dambaan setiap pria yang mengenalnya. Corrie berteman dengan Hanafi dari sejak kecil. Hanafi sendiri adalah laki-laki muda asli Minangkabau, berpendidikan tinggi dan berpandangan kebarat-baratan. Bahkan cenderung memandang rendah bangsanya sendiri. Karena selalu bersama-sama akhirnya mereka saling mencintai satu sama lain. Tapi cinta mereka itu tidak dapat disatukan karena perbedaan bangsa. Jika orang Bumiputera menikah dengan keturunan Belanda maka tidak diperbolehkan. Yang akhirnya apabila menikah, mereka akan dijauhi oleh keluarganya dan orang lain.
 Corrie pun akhirnya pergi, yang tadinya tinggal di Minangkabau menjadi di Betawi. Perpindahan itu sengaja ia lakukan untuk menghindar dari Hanafi dan meneruskan sekolahnya disana. Akhirnya ibu Hanafi ingin menikahkan Hanafi dengan Rapiah. Rapiah adalah sepupu Hanafi, gadis Minangkabau sederhana yang berperangai halus, taat pada tradisi dan adat sukunya.
Ibu Hanafi ingin menikahkan Hanafi dengan Rapiah untuk membalas budi pada ayah Rapiah yaitu Sutan Batuahyang telah membantu membiayai sekolah Hanafi. Tapi Hanafi awalnya tidak mau karena cintanya hanya untuk Corrie saja. Pada akhirnya dengan bujukan ibunya walaupun terpaksa ia menikah juga dengan Rapiah. Karena Rapiah tidak Hanafi cintai, keberadaan Rapiah pun dirumah hanya diperlakukan seperti babu, mungkin Hanafi juga menganggap bahwa Rapiah itu seperti tidak ada apabila banyak teman orang Belanda nya yang datang ke rumahnya. Hanafi dan Rapiah dikaruniai seorang anak laki-laki yaitu Syafei.
Suatu hari Hanafi digigit anjing gila, maka dia harus berobat ke Betawi. Disana Hanafi dipertemukan kembali dengan Corrie. Karena mereka berdua masih saling mencintai, Hanafi menikah dengan Corrie dan mengirim surat untuk ibunya bahwa ia telah menceraikan Rapiah. Ibu Hanafi dan Rapiah sangat sedih, walaupun Hanafi seperti itu Rapiah tetap sabar dan tinggal dengan Ibu Hanafi.
Pernikahan Hanafi dengan Corrie ternyata tidak bahagia, sampai-sampai Corrie dituduh suka melayani laki-laki oleh Hanafi. Akhirnya Corriepun sakit hati dan pergi dari rumah menuju Semarang. Corrie sakit Kolera dan meninggal dunia. Hanafi sangat menyesal telah menyakiti Corrie dan sangat sedih atas kematian Corrie. Hanafipun pulang ke kampung halamannya dan menemui ibunya.
Suatu hari Hanafi sakit, kata dokter dia minum sublimat dan akhirnya meninggal dunia. Ketika mayat Hanafi hendak dikubur, timbul perselisihan tentang tempat penguburan Hanafi yaitu antara dia akan dikubur di kampung atau di kuburan orang Eropa, karena semua menolaknya. Hingga senja hari, perselisihan itu barulah selesai. Akhirnya Hanafi dikuburkan di Solok.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Al-Hadist

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Mengcopy, Asalkan tinggalkan komentar dan jangan lupa beri link sumbernya. Hargai saya dan teman teman saya yang telah susah payah membuat postingan ini :D

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Smansa-x7 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger